Kamis, 04 September 2008

ART NOUVEAU

Kata Art Nouveau berasal dari Prancis yang berarti “seni baru”, pergerakan di dalam seni Barat dan design, yang diraih pada tahun 1890an. Garis besar dari gaya Art Nouveau adalah flat, seni atau pola dekoratif; gabungan antara tanaman atau bunga; pergerakan dalam bidang handcrafting sejalan dengan industri pabrik; pemakaian bahan-bahan baru; dan penolakan terhadap gaya-gaya terdahulu. Pada umumnya, sinuous, garis melingkar juga termasuk dalam karakteristik art nouveau. Art Nouveau mencakup dalam segala bentuk seni dan design: arsitektur, furniture, glassware, desain grafik, perhiasan, lukisan, pottery, metalwork, dan tekstil. Gaya ini merupakan pengasah terhadap pembedaan gaya dalam kategori fine art (lukisan dan seni pahat) dan applied arts (keramik, furniture, dan lainnya).

Sebutan Art Nouveau datang dari sebuah galeri di Paris, France, bernama Maison de l’Art Nouveau (House of New Art),yang dibuka oleh seorang pengusaha Prancis bernama Siegfrid Bing. Di dalam galerinya,Bing tidak hanya memejang lukisan dan patung tetapi juga keramik, furniture, barang-barang logam, dan seni Jepang. Bagian dalam galeri dipersembahkan sebagai ruanagan model untuk para seniman dan arsitek untuk merancang dan mendesainnya dengan gaya Art Nouveau.

Di Eropa, Art Nouveau ini menggunakan beberapa nama:· Jerman : Jugendstil (gaya muda) dari nama sebuah majalah Die Jugend.· Austria : Vinna Secession atau Sezessionstil (secession style)· Italia : Stile Liberty atau stile floreale ( floral style)· Spanyol : Modernista atau modernisme· Inggris : Glassgow School Tokoh-tokohnya adalah Charles Rennie Mackintosh (Inggris), Henry Van de Velde (Austria), seorang arsitek Antoni Gaudi (Spanyol). Gaya Art Nouveau pada awalnya dimaksud sebagai sebuah seni yang dapat dinikmati oleh orang kebanyakan (popular art) namun dalam kenyataannya lebih banyak ditetapkan dalam seni dan barang-barang untuk konsumsi orang-orang kaya.

Di Eropa, Art Nouveau ini menggunakan beberapa nama:

  1. Jerman : Jugendstil (gaya muda) dari nama sebuah majalah Die Jugend
  2. Austria : Vinna Secession atau Sezessionstil (secession style)
  3. Italia : Stile Liberty atau stile floreale ( floral style)
  4. Spanyol : Modernista atau modernisme
  5. Inggris : Glassgow School

Karya-karya Art Nouveau:

untitled-1.jpg <>

Alphonse Mucha, seorang poster desainer dan pelukis berkebangsaan Czech-French, adala sesosok figur yang terdapat dalam seni Art Nouveau pada akhir 1800 dan awal 1900. Dalam poster ini dari iklan Job cigarettes pada tahun 1897, curving tendrils dari bentuk rambut mengambil bentuk pola dekoratif yang merupakan tipikal dari gaya Art Nouveau.

==========================

untitled-1.jpg <>

Detail dekorasi pintu ini berasal dari gedung yang dibangun pada awal abad 20 di Milan, Italy, mengilustrasikan tema yang stylis yang berasosiasi dengan art nouveau. Pembuatan dengan menggunakan hand made ini mencerminkan reaksi art nouveau yang menentang desain dari machine-made. Fitur halus dari wajah manusia dan robbust pattern dedaunan mengilustrasikan betapa pentingnya penyampaian naturalistik. Pengaruh tumbuhan sangat sejalan dengan pergerakan seni art nouveau di Italy sehingga disana Art nouveau juga dikenal sebagai stile floreale (floral style).

==========================

untitled-2.jpg<>

Milan mempunyai beberapa bangunan dengan gaya art nouveau, termasuk rumah Balzarini di Via Pisacane yang terlihat disini. Besi yang ada pada balcony railing menunjukkan contoh menarik dari garis beralur dan motif tumbuhan oleh desainer art nouveau. Di Italy, gaya ini dikenal dengan gaya Liberty setelah department store di London, England, mempopulerkannya.

==========================

untitled-13.jpg <>

Louis Majorelle, desainer furniture yang berasal dari Perancis ini mendesain mahogani bureau seitar tahun 1900. Ornamen buatan tangan, curved angels, dan pemakaian metal adalah garis besar dari gaya art nouveau. Setelah Perang Dunia I (1914-1918), karya Majorelle mencerminkan lebih desain abstrak dari pergerakan art deco.

==========================

aaaaaaa.jpg <>

Karya dari arsitek Amerika Louis Sullivan pada abad 20 terpengaruh oleh pergerakan yang dikenal dengan nama Art Nouveau. Gambar ini menunjukkan bagian depan dari department store Carson Pirie Scott di Chicago (1899-1904), didesain oleh Sullivan. Elaborately dekoratif dengan pemakaian besi adalah karakteristik bahwa arsitek cinta dengan detail.

==========================

fdsggdgd.jpg <>

==========================

mnnnnnnnnnn.jpg <>

Tidak ada komentar: