Kamis, 04 September 2008

ART and CRAFT MOVEMENT

Art and Craft Movement adalah sebuah gerakan yang berusaha menghidupkan kembali keterampilan tangan manusia dalam seni dan kriya (craft) sebagai upaya menolak kehadiran industri yang menggunakan tenaga mesin. Art and craft movement juga merupakan gerakan estetis dari orang-orang Inggris dan Amerika yang terjadi pada akhir abad 19 dan awal abad 20. Gerakan ini diilhami oleh tulisan Yohanes Ruskin serta pemikiran idealis dari para ahli pengerajin kriya yang bangga akan hasil karyanya. Organisasi ini didirikan oleh John Ruskin dan William Morris tahun 1888 di Inggris. Pergerakan itu mencapai puncaknya sekitar tahun 1888 sampai tahun 1910.

Itu adalah pergerakan pembaharuan yang sangat mempengaruhi bangunan di Inggris dan Amerika, seni menghias ruangan, pembuatan perabot kayu, kriya, bahkan juga “industry” penata kebun William Robinson atau Gertrude Jekyll. Praktisi terbaik yang dikenal adalah William Morris, Charles Robert Ashbee, T. J. Cobden Sanderson, Walter Crane, Nelson Dawson, Phoebe Anna Traquair, Herbert Tudor Buckland, Charles Rennie Mackintosh, Christopher Dresser, Edwin Lutyens, Ernest Gimson, William Lethaby, Edward Schroeder Prior, Frank Lloyd Wright, Gustav Stickley, Greene & Greene, Charles Voysey, Christopher Whall dan seniman-seniman dalam pergerakan Pre-Raphaelite.

Glassgow School didirikan oleh Charles rennie Mackintosh, Margaret dan Frances Macdonald dan George Walton. Di satu sisi Glassgow School dikaitkan dengan Art Nouveau karena desainnya dipenuhi ornament-ornamen walaupun lebih bersifat geometris.

======================

8.jpg “Artichoke” wallpaper, by John Henry Dearle for William Morris & Co., circa 1897 (Victoria and Albert Museum).

Blakesley, Rosalind P.

3.jpg Alice Wanke, 1909.

6.jpg William Morris, dibuat dengan mengambil gaya Oriental dan Japanesse.

Aubrey Beardsley (1872-1898)

======================

Daftar Pustaka:
http://en.wikipedia.org/wiki/Arts_and_Crafts_movement
http://katsclass.com/10760/wk06artnouukvige/alicewanke
1909.jpg&imgrefurl
http://katsclass.com/10760/wk06artnouukvige/alicewanke
1909.jpg&imgrefurl
http://www.westcountryfires.co.uk/fireplaces_info/images
/arts-craft.jpg&imgrefurl
Adityawan, Arief, Tinjauan Desain, Jakarta, Universitas Tarumanagara, 1999, hlm 11

Tidak ada komentar: